Minggu, 23 Desember 2012

Batik diluar daerah pulau jawa

batik bombaBukan hanya pulau jawa saja mau jam tangan murah banget yang memiliki hasil batik yang indah. Batik diluar daerah pulau jawa tepatnya dari daerah sulawesi tengah juga terkenal akan batiknya, taukah anda nama batiknya? batik bomba namanya

hasil dari produksi palu, bukan di palu dengan memakai besi maksudnya tapi produksi kota palu, ya itu nama kota penghasil batik ini, sungguh kaya Indonesiaku dengan batik. Kata bomba itu sendiri bukan berarti gak punya arti ya, tapi mengandung arti keterbukaan dan kebersamaan, sesuai dengan kebiasaan orang palu yaitu terbuka kepada siapa saja baik masyarakat palu sendiri ataupun pendatang dari luar.                              

Pengembangan batik ini termasuk baru, yaitu pada Agustus 2008, saat itu Dewan Kerajinan Nasional Daerah mendatangkan seorang Instruktur dari pekalongan yang kemudian melatih beberapa pemuda putus sekolah yang tujuannya untuk mempersiapkan generasi pengembang batik bomba nantinya dengan cara mereka diajarkan teknologi bagaimana cara membuat batik secara moderen seperti yang telah dilakukan warga atau masyarakat pekalongan, semoga saja Batik diluar daerah pulau jawa atau batik bomba ini bisa terkenal sampai kemanca negara. Batik ini memiliki banyak motif, seperti bunga cengkeh, sambulugana dan taiganja.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar